Pertanyaan yang Sering Diajukan

Ada pertanyaan? Hubungi tim Plato di nomor telepon +62 21 2988 7964

FAQs

  • Mengapa anda sebaiknya menggunakan Plato?

    Di pusat Plato, anda mendapatkan akses 24/7 ke semua produk hukum dan alat yang anda butuhkan untuk menjalankan bisnis anda, sambil memastikan kepatuhannya. Dengan menggunakan teknologi terbaru, Plato dapat memberi anda layanan ahli hukum dengan biaya, kompleksitas yang lebih rendah, dan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan firma hukum konvensional.

    Klien kami selalu mendapatkan proposal penawaran harga tetap dan transparan dari jaringan pengacara kami, jadi anda tidak perlu khawatir lagi membayar biaya per jam yang mahal untuk mendapatkan pertolongan hukum.

    Yang terbaik dari semuanya yaitu, kami dapat menegosiasikan tarif diskon besar-besaran dengan memanfaatkan kapasitas tersembunyi dari firma hukum Indonesia.

  • Kapan sebaiknya anda menggunakan Plato?

    Plato memberi anda akses ke semua hal yang anda butuhkan untuk memulai dan menjalankan bisnis anda (terutama bagian hukum!) Ini termasuk panduan hukum, dokumen hukum dan komersial, blog, tanda tangan elektronik, layanan bisnis, dan jaringan pengacara ahli terbesar di Indonesia.

    Kami membantu usaha kecil dan besar mulai dari pedagang tunggal hingga perusahaan besar memahami kesenjangan hukum dalam bisnis mereka, dan kemudian menghubungkan mereka dengan sumber daya yang mereka butuhkan.

  • Bagaimana jika anda memerlukan dokumen yang tidak tersedia di Plato?

    Jangan ragu untuk mengirim email kepada kami di support@plato.co.id untuk memberi tahu kami dokumen apa saja yang anda butuhkan! Kami selalu memperbarui perpustakaan template dokumen hukum dan komersial kami dengan yang baru.

    Dan, kami mengerti bahwa kebutuhan hukum anda sangat mendesak, jadi kami dapat selalu memberi anda penawaran harga yang cepat dan tetap untuk mendapatkan dokumen yang dirancang oleh pengacara di jaringan kami.

  • Jika anda sudah memiliki pengacara, mengapa anda sebaiknya tetap menggunakan Plato?

    Plato memberi anda akses 24 jam ke dokumen dan layanan hukum dan komersial, jadi tidak ada waktu yang anda gunakan untuk menunggu pengacara. Masih banyak klien kami yang memiliki pengacara pribadi dan menggunakan Plato untuk melengkapi kebutuhan mereka yang lain.

    Dengan menggunakan Plato, anda mendapatkan transparansi penuh mengenai harga karena kami dapat mengatur harga tetap untuk segala jenis pekerjaan hukum dari jaringan pengacara ahli kami. Dengan kami, anda tidak pernah dihadapkan pada biaya tersembunyi atau menghabiskan banyak biaya sehingga melebihi anggaran dan anda akan selalu membayar harga pasar yang kompetitif.

  • Bagaimana anda bisa menghubungi Plato?

    Dengan menggunakan live chat di situs web Plato, anda dapat berbicara dengan tim customer support kami kapan saja!

    Perlu berbicara dengan seseorang tentang salah satu produk kami? Cukup email kami di sales@plato.co.id, atau sebagai alternatif, jika anda membutuhkan bantuan dengan produk yang ada silahkan email kami di support@plato.co.id.

    Selama jam kerja, anda bisa berbicara dengan konsultan Plato dengan menghubungi +62 21 2988 7964.

  • Negara apa saja yang tercakup dalam Plato?

    Kami adalah perusahaan jasa hukum online Indonesia, jadi rangkaian produk dan jaringan pengacara kami mencerminkan hal ini. Di sini, semua dokumen hukum dan komersial telah disusun untuk mencerminkan hukum Indonesia dan sebaiknya tidak digunakan di negara atau wilayah lain.

  • Apa yang dimaksud dengan jaminan kepuasan Plato?

    Seluruh jaringan pengacara Plato diseleksi dan ditinjau dengan cermat sebelum bekerja sama dengan kami. Setiap pengacara memiliki pengalaman komersial yang signifikan untuk memastikan pekerjaan yang mereka lakukan untuk klien kami berkualitas tinggi, dan masing-masing memiliki sertifikat praktik yang dikeluarkan oleh salah satu asosiasi advokat di Indonesia.

    Untuk memastikan anda puas dengan pekerjaan yang diberikan oleh para pengacara yang tersedia di Plato, kami menawarkan jaminan kepuasan. Jika karena alasan apapun anda tidak puas, kami akan mengatur agar anda terhubung dengan pengacara alternatif untuk menyelesaikan pekerjaan anda tanpa biaya tambahan (atau kami akan mengatur pengembalian dana penuh).

    Selengkapnya, silahkan lihat Ketentuan Penggunaan kami untuk rincian lebih lanjut tentang jaminan kepuasan kami.

  • Memangnya anda tidak bisa mendownload dokumen dari website?

    Tidak. Sayangnya, ketika anda mendownload dokumen dari web, anda tidak akan pernah tahu siapa yang merancang dokumen tersebut, apakah persyaratan dan klausul yang terdapat di dalamnya sesuai untuk kebutuhan spesifik anda, atau apakah dokumen tersebut sesuai dengan undang-undang yang berlaku saat ini.

  • Apakah dokumen Plato mengikat secara hukum?

    Iya. Dokumen Plato dirancang oleh pengacara dari firma terbaik di Indonesia, merupakan dokumen yang terkini sesuai dengan perundang-undangan lokal, dan semuanya mengikat secara hukum.

    Jika anda memodifikasi sendiri dokumen Plato, kami sangat menyarankan agar pengacara anda memeriksa dan untuk kemudian menyetujuinya.

    Dengan menggunakan layanan proposal penawaran cepat kami, kami dapat mengatur pengacara di jaringan kami untuk melakukan hal ini untuk anda.

  • Dalam bentuk format apa dokumen yang sudah selesai diberikan?

    Semua dokumen kami dikirimkan dalam format PDF (bukan Word atau HTML) untuk melindungi integritas informasi dan klausul yang yang terdapat didalamnya. Anda hanya bisa mendownload dokumen kami setelah selesai dimodifikasi. Jika anda ingin membuat perubahan atau menyertakan klausa tambahan ke salah satu dokumen kami, kami merekomendasikan hal ini dilakukan oleh salah satu pengacara yang ada di platform Plato atau oleh pengacara anda sendiri.

  • Bagaimana Plato berbeda dengan layanan hukum online lainnya?

    Kami melakukan lebih dari sekadar menyediakan dokumen hukum online seperti penyedia layanan hukum online lainnya. Saat anda mendaftar ke akun Plato, anda akan memiliki akses ke pusat hukum kami dimana anda dapat:

    • Mendirikan perusahaan anda
    • Mendaftarkan merek dagang dan paten anda
    • Menandatangani dokumen secara elektronik
    • Mendapatkan proposal penawaran harga tetap dari jaringan pengacara kami

    Kami memberikan solusi hukum menyeluruh untuk bisnis berukuran apapun dan layanan pelanggan kami tidak ada duanya dengan 24/7 live chat yang selalu available.

  • Dimana dokumen yang anda telah selesaikan disimpan?

    Semua dokumen anda yang sudah dimodifikasi dengan aman dienkripsi dan disimpan secara online sehingga anda dapat mengaksesnya kapan saja, dari perangkat manapun. Setiap versi dokumen yang anda buat disimpan, dapat diedit, dan anda dapat mendownloadnya kapan saja.

  • Apakah Plato memberikan nasihat hukum?

    Plato bukan firma hukum, jadi informasi yang kami berikan adalah informasi yang bersifat umum. Anda harus selalu mencari nasihat dari pengacara mengenai informasi atau produk apapun yang anda gunakan di situs Plato untuk memastikan hal itu relevan dan sesuai dengan kebutuhan spesifik anda.

    Nasihat hukum sebaiknya hanya diberikan oleh pengacara dengan sertifikat praktik dari salah satu asosiasi advokat di Indonesia.

  • Mengapa anda harus membayar di muka sebelum pekerjaan dimulai?

    Dengan tarif diskon (dibandingkan dengan apa yang akan anda bayar jika anda berurusan langsung dengan penyedia layanan), kami menegosiasikan secara transparan harga proposal penawaran tetap bagi pelanggan kami. Kami dapat memberi pelanggan Plato manfaat ini karena kami memastikan bahwa pengacara kami tidak perlu mengejar pembayaran untuk pekerjaan yang telah selesai.

    Plato menahan pembayaran ketika anda melakukan pembayaran dan hanya akan mentransfer dana kepada pengacara setelah pekerjaan selesai dengan persetujuan anda. Dengan demikian, apabila anda tidak puas dengan pekerjaan atau jika ada perselisihan, kami dapat memberi anda pengembalian dana penuh berdasarkan Jaminan Kepuasan Plato (sebagaimana diuraikan dalam Ketentuan Penggunaan kami).

  • Bagaimana cara memperbarui rincian pembayaran dan rekening anda?

    Untuk memperbarui rincian akun atau pembayaran anda, silakan hubungi kami di +62 21 2988 7964 atau email kami di support@plato.co.id sehingga perwakilan layanan pelanggan dapat membantu anda.

  • Bagaimana anda membatalkan langganan anda?

    Anda dapat membatalkan langganan Plato anda setiap saat. Akun anda akan dibatalkan pada akhir siklus penagihan dimana anda tidak akan dikenakan biaya lagi.

    Untuk membatalkan langganan Plato silahkan email support@plato.co.id atau hubungi kami di +62 21 2988 7964.

  • Apa saja jenis badan hukum yang tersedia bagi investor asing yang ingin berinvestasi di Indonesia?

    Hal ini tergantung pada industri dan sifat aktivitas bisnis anda. Misalnya, jika anda berencana untuk beraktivitas di bidang sosial, keagamaan, dan/ atau kemanusiaan, maka anda sebaiknya mendirikan yayasan.

    Berikut ini adalah jenis badan hukum yang tersedia bagi investor asing yang ingin berinvestasi di Indonesia:

    • PT PMA - Perseroan Terbatas dengan Penanaman Modal Asing.
    • KPPA - Kantor Perwakilan Perusahaan Asing.
    • KP3A - Kantor Perwakilan Perusahaan Perdagangan Asing.

    Selain daripada itu, berikut adalah jenis badan hukum yang tersedia bagi investor domestik yang ingin berinvestasi di Indonesia:

    • PT Biasa - Perseroan Terbatas dengan Penanaman Modal Domestik.
    • PT PMDN - Perseroan Terbatas Domestik dengan Fasilitas.

    PT PMA

    • Aktivitas

      Dapat melakukan kegiatan usaha dalam ruang lingkup Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) PT PMA.

    • Terbaik untuk

      Investor asing yang berkeinginan untuk berinvestasi langsung di Indonesia.

    • Pembatasan

      Pendirian PT PMA harus disetujui oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Atas dasar Daftar Investasi Negatif (DNI), suatu Peraturan Presiden yang mencantumkan lapangan usaha yang terbuka, terbuka sebagian atau tertutup untuk penanaman modal asing, BKPM akan menilai investasi yang direncanakan tersebut. Bidang usaha apa pun yang tidak terdaftar di DNI atau diatur oleh perundang-undangan lainnya pada prinsipnya terbuka 100% untuk investasi asing.

    • Modal minimum

      Secara umum, terlepas dari bidang usaha yang direncanakan, BKPM mengharuskan rencana investasi minimum sebasar lebih dari Rp. 10.000.000.000,00 (sekitar USD 750.000,00) dan paling sedikit 25% daripadanya harus merupakan modal disetor. Sisanya sebesar 75% dari jumlah rencana investasi dapat diinvestasikan melalui pinjaman. Modal disetor dapat digunakan sebagai modal kerja. Minimum modal disetor di beberapa bidang usaha dapat lebih tinggi dari standar umum yang ditetapkan oleh BKPM, sesuai peraturan dan pedoman yang dikeluarkan oleh otoritas pengatur terkait dan atas pertimbangan BKPM.

    • Keuntungan

      Dapat beroperasi penuh sebagai perseroan terbatas dalam ruang lingkup KBLI PT PMA.

    • Kekurangan

      Suntikan modal yang besar. Investasi di bidang usaha tertentu dibatasi oleh DNI atau perundang-undangan lainnya.

    • Izin kerja dan tinggal

      • Direksi dan komisaris berhak memperoleh ijin kerja dan tinggal.
      • Izin kerja dapat diberikan kepada tenaga ahli asing yang dipekerjakan oleh PT PMA.
      • Jumlah sponsor visa bisnis tidak terbatas untuk tenaga ahli asing yang dipekerjakan oleh PT PMA.
    • Perizinan tambahan

      • Izin Usaha Tetap dari BKPM.
      • Izin operasional tambahan untuk kegiatan usaha tertentu.
      • Izin impor untuk importir, yaitu, API-U untuk perusahaan dagang dan API-P untuk perusahaan produsen.
    • Compliance

      • Laporan pemotongan pajak bulanan.
      • Pelaporan Kegiatan Penanaman Modal triwulanan/ semi-tahunan (LKPM).
      • Laporan pajak tahunan.

    PT Biasa

    • Aktivitas

      Dapat melakukan kegiatan usaha dalam ruang lingkup Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) dari PT Biasa.

    • Terbaik untuk

      Investor domestik yang berkeinginan untuk berinvestasi langsung di Indonesia tanpa melibatkan pemegang saham asing.

    • Pembatasan

      • Tidak dapat memiliki pemegang saham asing.
      • Terbatasnya ijin kerja bagi orang asing di PT Biasa.
    • Modal minimum

      Secara umum, minimum modal dasar adalah:

      • Perusahaan berukuran mikro: kurang dari Rp. 50 juta.
      • Perusahaan berukuran kecil: Rp. 50 juta – Rp. 500 juta.
      • Perusahaan berukuran sedang: Rp. 500 juta - Rp 1 miliar.
      • Perusahaan berukuran besar: di atas Rp. 10 miliar.
    • Keuntungan

      Setoran modal rendah dan prosesnya cepat, asalkan tidak ada pemegang saham asing yang terlibat.

    • Kekurangan

      Tidak ada pemegang saham asing.

    • Izin kerja dan visa

      • Hanya perusahaan berukuran besar yang bisa mengajukan permohonan ijin kerja untuk pekerja asingnya.
      • Jumlah sponsor visa bisnis tidak terbatas.
    • Perizinan tambahan

      • Izin impor untuk importir.
      • Izin operasional tambahan untuk kegiatan usaha tertentu.
    • Compliance

      • Laporan pemotongan pajak bulanan.
      • Laporan pajak tahunan.

    KPPA (Kantor Perwakilan Perusahaan Asing)

    • Aktivitas

      • Riset pasar.
      • Perwakilan lokal.
    • Terbaik untuk

      • Perusahaan asing yang berkeinginan untuk melakukan survei pasar Indonesia.
      • Perusahaan asing yang tidak menghasilkan pendapatan di Indonesia.
    • Pembatasan investasi

      Tidak ada.

    • Modal minimum

      Tidak ada.

    • Manfaat

      • Cara termudah untuk memiliki badan hukum di Indonesia.
      • Proses pendiriannya cepat.
      • Tidak ada persyaratan penyetoran modal.
      • Perpanjangan tak terbatas untuk izin KPPA.
    • Kekurangan

      • Tidak bisa mencari atau menghasilkan pendapatan di Indonesia.
      • Izin KPPA umumnya berlaku selama 3 tahun.
      • Tidak bisa melakukan promosi produk.
    • Izin kerja dan visa

      • Jumlah sponsor visa bisnis tidak terbatas.
      • Izin kerja untuk kepala kantor perwakilan.
      • Perlu mempekerjakan 3 orang Indonesia untuk setiap satu orang asing yang dipekerjakan.
    • Perizinan tambahan

      Tidak ada.

    • Compliance

      • Laporan pemotongan pajak bulanan.
      • Laporan pajak tahunan.
      • Pelaporan kegiatan usaha semi-tahunan dan/ atau tahunan.

    KP3A (Kantor Perwakilan Perusahaan Perdagangan Asing)

    • Aktivitas

      • Riset pasar.
      • Bertindak sebagai agen penjual/ beli.
      • Promosi produk.
      • Perwakilan lokal.
    • Terbaik untuk

      • Perusahaan perdagangan asing yang berkeinginan untuk melakukan survei pasar Indonesia.
      • Perusahaan asing yang tidak menghasilkan pendapatan di Indonesia.
    • Pembatasan kepemilikan

      Tidak ada.

    • Modal minimum

      Tidak ada.

    • Manfaat

      • Cara termudah untuk memiliki badan hukum di Indonesia.
      • Proses pendiriannya cepat.
      • Tidak ada persyaratan penyetoran modal.
      • Izin KP3A permanen dapat diperpanjang setiap 3 tahun.
    • Kekurangan

      • Tidak bisa mencari atau menghasilkan pendapatan di Indonesia.
      • Tidak bisa melakukan transaksi jual beli.
    • Izin kerja dan visa

      • Izin kerja untuk kepala kantor perwakilan.
      • Perlu mempekerjakan 3 orang Indonesia untuk setiap satu orang asing yang dipekerjakan.
      • Jumlah sponsor visa bisnis tidak terbatas.
    • Perizinan tambahan

      Tidak ada.

    • Compliance

      • Laporan pemotongan pajak bulanan.
      • Laporan pajak tahunan.
      • Pelaporan kegiatan usaha semi-tahunan dan/ atau tahunan.
  • Siapa yang bisa mendirikan perusahaan di indonesia?

    Untuk dapat mendirikan perusahaan di Indonesia, anda harus memiliki minimal dua orang yang cakap dan/ atau perusahaan.

  • Berapa biaya pendirian perusahaan anda?

    Di Plato, kami menawarkan jasa pendirian perusahaan yang mudah. Untuk mendapatkan penawaran, cukup hubungi kami. Kami kemudian akan memberi anda panduan yang jelas terhadap langkah-demi-langkah dan dokumentasi apa saja yang secara hukum anda perlukan untuk memastikan anda taat hukum.

  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendirikan perusahaan anda?

    Kami akan meninjau ulang permohonan anda secara manual terlebih dulu. Setelah kami memastikan keakuratannya, kami akan mengajukan formulir yang lengkap - termasuk semua informasi dan dokumen yang diperlukan - kepada pihak yang berwenang.

    • Untuk investasi dalam negeri

      • Anda dapat menandatangani akta pendirian perusahaan dan dalam waktu 10 hari kerja setelah penandatanganan ini, salinan akta pendirian perusahaan akan tersedia.
      • Selanjutnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (MENKUMHAM) perlu menyetujui salinan akta pendirian. Persetujuan ini akan tersedia dalam waktu 2 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen dan informasi lengkap anda.
    • Untuk investasi asing

      • Dalam waktu 14 hari kerja setelah menerima dokumen dan informasi lengkap anda, anda akan mendapatkan izin prinsip dari Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
      • Anda dapat menandatangani akta pendirian perusahaan setelah mendapatkan izin prinsip anda. Dalam 10 hari kerja sejak penandatanganan ini, salinan akta pendirian akan tersedia.
      • Selanjutnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (MENKUMHAM) perlu menyetujui salinan akta pendirian anda. Persetujuan ini akan tersedia dalam waktu 2 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen dan informasi lengkap anda.
  • Apa yang akan anda terima jika permohonan anda disetujui?

    Setelah aplikasi anda berhasil, anda akan menerima:

    • Untuk investasi dalam negeri

      • Akta pendirian perusahaan anda.
      • Nomor registrasi perusahaan Indonesia anda yang dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (MENKUMHAM).
      • Dokumen-dokumen hukum lainnya, seperti: sertifikat saham*.
    • Untuk investasi asing

      • Izin prinsip perusahaan anda dari Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.
      • Akta pendirian perusahaan anda.
      • Nomor registrasi perusahaan Indonesia anda yang dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (MENKUMHAM).
      • Dokumen-dokumen hukum lainnya, seperti: sertifikat saham*.
  • Apa yang dimaksud dengan izin prinsip (IP) dan apakah anda memerlukannya?

    Sebelum seorang investor dapat berinvestasi di Indonesia melalui PT PMA atau PT PMDN, dia harus terlebih dahulu memegang izin yang dikenal dengan izin prinsip (IP).

  • Apa yang dimaksud dengan perizinan umum perusahaan dan apakah anda memerlukannya?

    Berikut ini adalah perizinan umum perusahaan:

    • SKDP.
    • NPWP.
    • TDP.
    • SIUP*.

    Jika anda memiliki perusahaan / kantor perwakilan perusahaan asing / kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing di Indonesia, anda memerlukan perizinan umum perusahaan.

    Anda dapat mengajukan permohonan perizinan umum perusahaan setelah anda menandatangani akta pendirian perusahaan atau mendapatkan persetujuan dari BKPM untuk pendirian kantor perwakilan perusahaan asing / kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing.

    * Perusahaan dengan penanaman modal asing tidak memerlukan SIUP.

  • Apa yang dimaksud dengan SKDP dan apakah anda memerlukannya?

    SKDP (yaitu surat keterangan domisili perusahaan) adalah sertifikat yang menegaskan tempat kediaman hukum (atau domisili) perusahaan dan dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Jika anda memiliki perusahaan / kantor perwakilan perusahaan asing / kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing di Indonesia, anda memerlukan SKDP.

    Anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan SKDP setelah anda menandatangani akta pendirian perusahaan atau mendapatkan persetujuan dari BKPM untuk pendirian kantor perwakilan perusahaan asing / kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing.

    Awalnya, anda akan menerima SKDP sementara dari pejabat yang berwenang dalam waktu 5 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen atau informasi lengkap anda. Anda berhak mengajukan permohonan SKDP permanen setelah mendapatkan NPWP.

    Anda akan menerima SKDP permanen dari pejabat yang berwenang dalam waktu 5 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen atau informasi lengkap anda.

  • Apa yang dimaksud dengan NPWP dan apakah anda memerlukannya?

    Nomor pokok wajib pajak, yang dikenal sebagai NPWP, adalah 15 digit angka unik yang dikeluarkan oleh kantor pajak setempat untuk membantu mengidentifikasi anda sebagai wajib pajak.

    Setiap orang Indonesia perlu memiliki NPWP untuk bisa mendirikan perusahaannya. Perusahan / kantor perwakilan perusahaan asing / kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing anda harus memiliki NPWP terpisah dari NPWP anda. Perlu dicatat bahwa setiap orang asing yang dipekerjakan di Indonesia juga perlu memiliki NPWP yang terpisah.

    Perusahan / kantor perwakilan perusahaan asing / kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapat NPWP setelah memperoleh SKDP sementara.

    Anda akan menerima NPWP dari otoritas pajak setempat dalam waktu 10 hari kerja setelah pihak berwenang menerima dokumen dan informasi lengkap.

  • Apa yang dimaksud dengan TDP dan apakah anda memerlukannya?

    Sertifikat Tanda Daftar Perusahaan, atau TDP, adalah daftar catatan resmi yang diadakan berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan pelaksanaannya. TDP berisi hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang.

    Perusahaan anda memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan untuk memperoleh TDP, jika PT Biasa, setelah mendapatkan SIUP atau, jika PT PMA, setelah mendapatkan NPWP.

    Anda akan menerima TDP dari pejabat yang berwenang dalam waktu 10 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen dan informasi lengkap anda.

  • Apa yang dimaksud dengan SIUP dan apakah anda memerlukannya?

    Surat izin usaha perdagangan, atau SIUP adalah izin yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah kepada PT Biasa untuk melaksanakan usaha di bidang perdagangan dan jasa. Setiap PT Biasa harus memiliki SIUP.

    PT Biasa anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan SIUP setelah mendapatkan NPWP.

    Anda akan menerima SIUP anda dari pemerintah yang berwenang dalam waktu 10 hari kerja setelah pemerintah yang berwenang menerima dokumen dan informasi lengkap anda.

  • Siapa yang bisa mendirikan kantor perwakilan di Indonesia?

    • Perusahaan asing yang berkeinginan untuk melakukan survei pasar Indonesia.
    • Perusahaan asing yang tidak menghasilkan pendapatan di Indonesia.
  • Berapa biaya pendirian kantor perwakilan Plato?

    Di Plato, kami menawarkan jasa pendirian kantor perwakilan perusahaan asing atau kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing yang simpel. Untuk mendapatkan penawaran, cukup menghubungi kami dengan cara click “Get Started!” di website kami.

    Dari sana, kami akan memberi anda panduan yang jelas terhadap langkah-demi-langkah dan dokumentasi apa saja yang secara hukum anda perlukan untuk memastikan anda taat hukum.

  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendirikan kantor perwakilan?

    Kami akan meninjau ulang permohonan anda secara manual terlebih dulu. Setelah kami memastikan keakuratannya, kami akan mengajukan formulir yang lengkap termasuk semua informasi dan dokumen yang diperlukan kepada pihak yang berwenang.

  • Apa yang akan saya terima setelah proses pendirian selesai?

    Setelah permohonan anda disetujui, anda akan menerima:

    • Dalam hal KPPA - Kantor Perwakilan Perusahaan Asing

      • Anda akan menerima izin KPPA dari Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam waktu 14 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen dan informasi lengkap anda.
      • Setelah mendapatkan izin KPPA, anda bisa mengajukan perizinan perusahaan umum untuk KPPA.
    • Dalam hal KP3A - Kantor Perwakilan Perusahaan Perdagangan Asing

      • Anda akan menerima izin KP3A dari Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam waktu 14 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen/ informasi lengkap.
      • Setelah mendapatkan izin KP3A, anda dapat mengajukan perizinan perusahaan umum untuk KP3A.
  • Apa yang dimaksud dengan perizinan perusahaan umum dan apakah kantor perwakilan anda memerlukannya?

    Berikut ini adalah perizinan umum perusahaan yang dibutuhkan untuk kantor perwakilan:

    • SKDP.
    • NPWP.
    • TDP.

    Setiap kantor perwakilan perusahaan asing atau kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing di Indonesia perlu memiliki perizinan umum perusahaan.

    Kantor perwakilan anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan perizinan umum perusahaan setelah mendapatkan izin kantor perwakilan yang bersangkutan.

  • Apa yang dimaksud dengan SKDP dan apakah kantor perwakilan anda memerlukannya?

    Surat keterangan domisili perusahaan, atau SKDP adalah sertifikat yang menegaskan tempat kediaman hukum kantor perwakilan.

    Sertifikat ini dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Setiap kantor perwakilan di Indonesia memerlukan SKDP.

    Kantor perwakilan anda berhak mengajukan permohonan permohonan untuk mendapatkan SKDP setelah mendapatkan izin kantor perwakilan yang bersangkutan.

    Awalnya, anda akan menerima SKDP sementara dari pejabat yang berwenang dalam waktu 5 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen atau informasi lengkap anda. Kantor perwakilan anda berhak mengajukan permohonan SKDP permanen setelah mendapatkan NPWP.

    Anda akan menerima SKDP permanen dari pejabat yang berwenang dalam waktu 5 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen atau informasi lengkap anda.

  • Apa yang dimaksud dengan NPWP dan apakah kantor perwakilan Anda memerlukannya?

    Nomor pokok wajib pajak, yang dikenal sebagai NPWP, adalah 15 digit angka unik yang dikeluarkan oleh kantor pajak setempat untuk membantu mengidentifikasi anda sebagai wajib pajak.

    Di Indonesia, kantor perwakilan anda harus memiliki NPWP. Perlu dicatat bahwa setiap orang asing yang dipekerjakan di Indonesia juga perlu memiliki NPWP yang terpisah.

    Kantor perwakilan anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapat NPWP setelah memperoleh SKDP sementara.

    Anda akan menerima NPWP dari otoritas pajak setempat dalam waktu 10 hari kerja setelah pihak berwenang menerima dokumen dan informasi lengkap.

  • Apa yang dimaksud dengan TDP dan apakah kantor perwakilan anda memerlukannya?

    Sertifikat Tanda Daftar Perusahaan, atau TDP, adalah daftar catatan resmi yang diadakan berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan pelaksanaannya. TDP berisi hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap kantor perwakilan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang.

    Kantor perwakilan anda memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan untuk memperoleh TDP setelah mendapatkan NPWP.

    Anda akan menerima TDP dari pejabat yang berwenang dalam waktu 10 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen dan informasi lengkap.

  • Apa yang dimaksud dengan merek dagang?

    Merek dagang itu adalah seperti "simbol" yang digunakan untuk membedakan produk atau layanan bisnis anda dari pesaing anda. Mendaftarkan merek dagang memberi anda hak eksklusif untuk menggunakan "simbol" anda, yang bisa berupa kata, frase, nomor, bentuk, aroma, huruf, gambar, warna, logo, atau kombinasi dari hal-hal tersebut.

    Sebagai contoh yang mudah dikenali, logo ikonik Google "G" adalah merek dagang untuk membedakan merek Google.

  • Mengapa saya harus mendaftarkan merek dagang?

    • Mendaftarkan merek dagang memberi anda perlindungan hukum

      Anda menerima hak eksklusif untuk menggunakan "simbol" unik yang telah anda daftarkan merek dagangnya untuk bisnis anda. Jika ada orang yang melanggar hak tersebut dengan menggunakan "tanda" tersebut tanpa persetujuan anda, hal ini berarti anda dapat melakukan tindakan hukum terhadapnya:

      • Untuk melindungi merek unik dan niat baik anda yang terkait dengannya.
      • Untuk mencegah pesaing bisnis anda mengklaim hak atas nama bisnis, logo, atau slogan anda.
      • Untuk menghentikan pesaing menggunakan atau menyalahgunakan tidak hanya nama atau logo bisnis anda yang sama, namun juga segala hal yang membingungkan mirip dengan nama dan logo bisnis anda.
      • Untuk melindungi hak anda sebagai pemilik bisnis sehingga tidak ada pesaing lain yang dapat mengurangi atau melemahkan kualitas produk atau layanan anda.

      Memiliki hak eksklusif untuk menggunakan "simbol" juga berarti anda dapat melisensikan hak kepada orang lain, jika anda memilih untuk melakukannya.

      Misalnya, jika anda mendaftarkan merek dagang dengan bentuk tertentu, dan anda didekati oleh perusahaan lain untuk penggunaan bentuk tersebut, anda dapat memberi mereka hak untuk menggunakannya, dengan biaya tertentu.

      Selanjutnya, dengan mendaftarkan merek dagang, anda dapat memastikan bahwa penggunaan "simbol" tersebut tidak melanggar hak siapa pun. Hal ini mencegah konsekuensi hukum potensial yang dapat mempengaruhi anda, meskipun anda mungkin memiliki niat baik.

    • Mendaftarkan merek dagang bisa menjadi alat pemasaran yang hebat untuk bisnis anda

      • Mendaftarkan merek dagang untuk bisnis anda bukan hanya merupakan perlindungan hukum! Ini juga bisa menjadi alat pemasaran yang hebat yang bisa anda gunakan untuk membedakan layanan anda dari pemain lainnya di pasar.
      • Memiliki merek dagang memungkinkan anda mengkomunikasikan merek anda dengan kuat ke target pasar anda. Dengan mengasosiasikan bisnis anda dengan "simbol" tertentu, anda akan langsung dikenali.
      • Bisnis anda unik dengan cara anda membedakan anda dari yang lain. Seiring dengan reputasi anda tumbuh, merek anda tumbuh. Jadi, tanpa merek dagang terdaftar, salah satu pesaing anda dapat berpotensi menggerakkan gelombang kesuksesan anda dan mencuri pangsa pasar dengan meniru anda. Merek dagang terdaftar akan melindungi faktor pembeda bisnis anda, apakah itu kualitas layanan anda, efisiensi tim anda, atau inovasi yang anda tawarkan (atau hal lainnya!).
    • Dengan Plato, mendaftarkan merek dagang anda cepat dan mudah

      Proses pendaftaran merek dagang kami yang mudah untuk digunakan memungkinkan anda mendapatkan aset tak ternilai untuk bisnis anda tanpa ada stres tambahan.

  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendaftarkan merek dagang saya?

    Proses aplikasi untuk pendaftaran merek dagang melalui Plato melalui 3 langkah sederhana dan bisa dimulai dalam hitungan menit!

    Langkah 1 - Setelah anda mengirimkan aplikasi online, salah satu pakar merek dagang kami akan memeriksanya. Mereka kemudian akan memberi anda indikasi registrability dalam waktu 10 hari kerja.

    Langkah 2 - Permohonan anda diajukan ke pemerintah untuk ditinjau. Proses ini standar untuk semua aplikasi merek dagang Indonesia dan biasanya memakan waktu sekitar 2 tahun.

    Langkah 3 - Setelah terdaftar secara resmi anda akan menerima sertifikat registrasi dan merek dagang anda kemudian terdaftar untuk anda selama 10 tahun.

  • Informasi apa yang anda butuhkan untuk saya berikan untuk melengkapi aplikasi pendaftaran merek dagang saya?

    Sebelum anda menjalani proses aplikasi yang pertama anda butuhkan:

    • "Simbol" atau logo yang anda ingin daftarkan merek dagangnya

      Anda harus memastikan bahwa logo yang anda inginkan untuk didaftarkan merek dagangnya sesuai untuk digunakan. Logo harus unik sehingga bisa membedakan barang atau jasa anda dari pesaing, atau aplikasi anda bisa ditolak.

    • Produk dan layanan untuk merek dagang anda

      Anda harus menentukan produk dan layanan yang merek dagang anda atau akan digunakan, misalnya sarung tangan. Tidak ada batasan terhadap jumlah barang dan jasa atau kelas yang bisa anda pilih.

    • Rincian pemohon:

      • KTP pemohon atau dokumen konstitusional perusahaan dan persetujuan terkait milik pemohon.
      • Nama pemohon dan rincian kontak.
      • Alamat pemohon.
      • Orang yang berwenang terhadap merek dagang.
      • Alamat email orang yang berwenang.
      • Nomor telepon orang yang berwenang.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang apa yang dibutuhkan, silahkan hubungi kami untuk berdiskusi, atau tanyakan via live chat di website kami.

  • Apa yang dimaksud dengan paten?

    Paten adalah ketika Negara memberikan hak eksklusif kepada inventor atas hasil invensinya (di bidang teknologi), untuk jangka waktu tertentu, sehingga ia dapat melaksankaan penemuan mereka sendiri atau untuk memberikan persetujuan mereka kepada pihak lain untuk melaksanakannya.

  • Mengapa anda harus mematenkan penemuan anda?

    Paten memungkinkan anda menghentikan orang lain untuk memproduksi, melakukan penjualan, atau penggunaan penemuan anda. Hal ini memberi anda hak eksklusif untuk menghasilkan pendapatan dari penemuan anda.

    Dengan paten, anda juga memiliki pilihan untuk melisensikan penemuan anda ke pihak lain, jika anda memilih untuk melakukannya.

    Dengan memberikan insentif untuk memegang hak komersial eksklusif atas produk dan teknologi baru, paten mendukung inovasi dalam mempromosikan pengembangan produk ini.

  • Apa saja persyaratan untuk mendapatkan paten?

    Untuk dapat memperoleh paten, suatu invensi harus memenuhi persyaratan substantif berikut ini:

    • Bisa diaplikasikan di industri

      Penemuan harus dapat diulang dengan fungsi yang tidak berubah dan konstan.

    • Berisi langkah inventif

      Paten hanya akan diberikan untuk penemuan tak terduga dan tidak dapat dijelaskan untuk orang yang ahli dalam bidang ini.

    • Baru

      Penemuan harus baru, dan tidak diungkapkan atau dipublikasikan di media manapun sebelum permohonan paten diajukan.

  • Kapan penemuan anda TIDAK dapat dipatenkan?

    Penemuan tidak dapat dipatenkan jika:

    • Penemuan tersebut berupa perawatan, metode pemeriksaan, perawatan dan/ atau pembedahan yang dilakukan pada hewan dan/ atau manusia;
    • Penggunaan / eksekusi / pengumumannya bertentangan dengan moralitas agama, hukum dan peraturan yang berlaku, moralitas atau ketertiban umum;
    • Jika yang dipatenkan adalah makhluk hidup (kecuali mikroorganisme) serta proses biologis untuk memproduksi tanaman atau hewan (kecuali untuk proses non-biologis atau proses mikrobiologi);
    • Penemuan tersebut adalah teori dan metode di bidang sains dan matematika.
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendaftarkan paten anda?

    Proses aplikasi paten melalui Plato melalui 3 langkah sederhana dan bisa dimulai dalam hitungan menit!

    Langkah 1 - Setelah anda mengirimkan aplikasi online, pakar paten kami akan memeriksanya. Mereka kemudian akan memberi anda indikasi registrability dalam waktu 10 hari kerja.

    Langkah 2 - Permohonan anda diajukan ke pemerintah untuk ditinjau. Proses ini merupakan standar untuk semua aplikasi paten Indonesia dan biasanya memakan waktu sekitar 3 sampai 6 tahun.

    Langkah 3 - Setelah terdaftar secara resmi anda akan menerima sertifikat pendaftaran dan hak paten anda kemudian terdaftar untuk anda selama 10 sampai 20 tahun. Artinya, jika biaya tahunan dibayarkan. Jika tidak, hak paten berhenti.

  • Apakah saya memerlukan perizinan umum perusahaan?

    Berikut ini adalah perizinan umum perusahaan:

    • SKDP.
    • NPWP.
    • SIUP*.
    • TDP.

    Setiap perusahaan / kantor perwakilan perusahaan asing / kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing di Indonesia perlu memiliki perizinan umum perusahaan.

    * Perusahaan dengan penanaman modal asing tidak memerlukan SIUP.

    Anda dapat mengajukan permohonan perizinan umum perusahaan setelah anda menandatangani akta pendirian perusahaan atau mendapatkan persetujuan dari BKPM untuk pendirian kantor perwakilan perusahaan asing (atau kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing).

  • Berapa biaya jasa pendaftaran perizinan umum Plato?

    Di Plato, kami menawarkan jasa pendaftaran perizinan umum perusahaan yang mudah. Untuk mendapatkan penawaran, cukup hubungi kami. Kami kemudian akan memberi anda panduan yang jelas terhadap langkah-demi-langkah dan dokumentasi apa saja yang secara hukum anda perlukan untuk memastikan anda taat hukum.

  • Apa yang dimaksud dengan SKDP dan apakah anda memerlukannya?

    Surat keterangan domisili perusahaan, atau SKDP, adalah sertifikat yang menegaskan domisili atau tempat kediaman hukum perusahaan atau kantor perwakilan perusahaan asing atau kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing.

    Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Setiap perusahaan atau kantor perwakilan perusahaan asing atau kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing di Indonesia memerlukan SKDP.

    Perusahaan anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan SKDP setelah anda menandatangani akta pendirian perusahaan atau mendapatkan persetujuan dari BKPM untuk pendirian kantor perwakilan perusahaan asing atau kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing.

    Awalnya, anda akan menerima SKDP sementara dari pejabat yang berwenang dalam waktu 5 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen atau informasi lengkap anda. Perusahaan atau kantor perwakilan perusahaan asing atau kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing anda berhak mengajukan permohonan SKDP permanen setelah mendapatkan NPWP.

    Anda akan menerima SKDP permanen dari pejabat yang berwenang dalam waktu 5 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen atau informasi lengkap anda.

  • Apa yang dimaksud dengan NPWP dan apakah anda memerlukannya?

    Nomor pokok wajib pajak, yang dikenal sebagai NPWP, adalah 15 digit angka unik yang dikeluarkan oleh kantor pajak setempat untuk membantu mengidentifikasi anda sebagai wajib pajak.

    Di Indonesia, perusahaan atau kantor perwakilan perusahaan asing atau kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing anda perlu memiliki NPWP. Perlu dicatat bahwa setiap orang asing yang dipekerjakan di Indonesia juga perlu memiliki NPWP yang terpisah.

    Perusahaan atau kantor perwakilan perusahaan asing atau kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapat NPWP setelah memperoleh SKDP sementara.

    Anda akan menerima NPWP dari otoritas pajak setempat dalam waktu 10 hari kerja setelah pihak berwenang menerima dokumen dan informasi lengkap.

  • Apa yang dimaksud dengan SIUP dan apakah anda memerlukannya?

    Surat izin usaha perdagangan, atau SIUP adalah izin yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah kepada PT Biasa untuk melaksanakan usaha di bidang perdagangan dan jasa. Setiap PT Biasa harus memiliki SIUP.

    PT Biasa anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan SIUP setelah mendapatkan NPWP.

    Anda akan menerima SIUP anda dari pemerintah yang berwenang dalam waktu 10 hari kerja setelah pemerintah yang berwenang menerima dokumen dan informasi lengkap anda.

  • Apa yang dimaksud dengan TDP dan apakah anda memerlukannya?

    Sertifikat Tanda Daftar Perusahaan, atau TDP, adalah daftar catatan resmi yang diadakan berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan pelaksanaannya. TDP berisi hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan atau kantor perwakilan perusahaan asing atau kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing serta disahkan oleh pejabat yang berwenang.

    Perusahaan anda memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan untuk memperoleh TDP, jika PT Biasa, setelah mendapatkan SIUP atau, jika PT PMA, setelah mendapatkan NPWP.

    Kantor perwakilan perusahaan asing atau kantor perwakilan perusahaan perdagangan asing anda memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan untuk memperoleh TDP setelah mendapatkan NPWP.

    Anda akan menerima TDP dari pejabat yang berwenang dalam waktu 10 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen dan informasi lengkap anda.

  • Apa yang dimaksud dengan perizinan penanaman modal dan apakah perusahaan anda memerlukannya?

    Berikut ini adalah perizinan penanaman modal yang tersedia di Indonesia:

    • Izin Usaha.
    • Izin Perluasan.
    • Pendaftaran penanaman modal (PPM) / pendaftaran investasi (PI).

    Di Indonesia, setiap perusahaan penanaman modal asing membutuhkan perizinan penanaman modal.

  • Apa yang dimaksud dengan izin usaha (IU), apakah perusahaan anda memerlukannya dan kapan perusahaan anda dapat memilikinya?

    Izin usaha, atau IU, adalah perizinan yang harus dimiliki perusahaan penanaman modal asing (PMA) untuk memulai operasi bisnisnya, kecuali ditentukan lain oleh undang-undang dan peraturan yang berlaku. Izin ini dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), kecuali dinyatakan lain oleh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Jika anda sudah memiliki pendaftaran investasi, setelah perusahaan anda siap untuk memulai operasi bisnisnya berdasarkan persyaratan BKPM, perusahaan anda dapat mengajukan permohonan izin usaha, kecuali ditentukan lain oleh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Untuk bidang usaha tertentu, jika:

    • anda telah mendirikan suatu PT, dengan komposisi kepemilikan saham sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    • anda memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) yang valid; dan
    • anda telah memiliki kantor atau tempat usaha untuk bisnis anda,

    dengan ketentuan:

    • jika bidang usaha anda bergerak di bidang usaha yang tidak memerlukan kegiatan konstruksi; atau
    • jika bidang usaha anda bergerak di bidang usaha yang tidak memerlukan fasilitas pembebasan bea masuk atas impor mesin / barang modal,

    anda dapat langsung mengajukan permohonan izin usaha tanpa mengharuskan anda untuk memiliki pendaftaran investasi, kecuali ditentukan lain oleh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Anda akan menerima izin usaha dalam waktu 14 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen dan informasi lengkap anda.

    Usaha anda harus melakukan aktivitas bisnisnya dalam waktu 1 tahun setelah memperoleh izin usaha.

  • Apa yang dimaksud dengan izin perluasaan, apakah perusahaan anda memerlukannya dan kapan perusahaan anda dapat memilikinya?

    Izin perluasan, adalah izin yang harus diperoleh perusahaan penanaman modal asing (PMA) di bidang industri agar dapat memulai melaksankan ekspansi bisnisnya, kecuali ditentukan lain oleh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Izin ini dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), kecuali dinyatakan lain oleh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Anda akan menerima izin perluasan dalam waktu 14 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen dan informasi lengkap anda.

  • Apa yang dimaksud dengan pendaftaran penanaman modal (PPM) / pendaftaran investasi (PI) dan apakah perusahaan anda memerlukannya dan kapan perusahaan anda dapat memilikinya?

    Pendaftaran penanaman modal (PPM) / pendaftaran investasi (PI) adalah suatu persetujuan pemerintah yang merupakan izin prinsip sebagai dasar penerbitan perizinan dan penyediaan fasilitas pananaman modal.

    Pendaftaran investasi diperlukan untuk investasi dalam kegiatan usaha tertentu:

    • di bidang usaha yang membutuhkan waktu untuk melakukan konstruksi / kegiatan konstruksi;
    • di bidang usaha yang dapat memperoleh fasilitas penanaman modal sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    • di bidang usaha yang berpotensi menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan berukuran menengah atau besar sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    • di bidang usaha yang berkaitan dengan pertahanan nasional, pengelolaan sumber daya alam, energi dan infrastruktur; atau
    • di bidang usaha lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan sektoral yang berlaku.

    Untuk bidang usaha tertentu, jika:

    • Anda telah mendirikan suatu PT, dengan komposisi kepemilikan saham sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    • Anda memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) yang valid; dan
    • Anda telah memiliki kantor atau tempat usaha untuk bisnis anda,

    dengan ketentuan:

    • jika bidang usaha anda bergerak di bidang usaha yang tidak memerlukan kegiatan konstruksi; atau
    • jika bidang usaha anda bergerak di bidang usaha yang tidak memerlukan fasilitas pembebasan bea masuk atas impor mesin / barang modal,

    anda dapat langsung mengajukan permohonan izin usaha tanpa mengharuskan anda untuk memiliki pendaftaran investasi, kecuali ditentukan lain oleh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Anda akan menerima pendaftaran investasi dalam waktu 14 hari kerja setelah pejabat yang berwenang menerima dokumen dan informasi lengkap anda.

  • Berapa biaya jasa pendaftaran penanaman modal (PPM) / pendaftaran investasi (PI) anda?

    Di Plato, kami menawarkan jasa pendaftaran penanaman modal (PPM) / pendaftaran investasi (PI) yang mudah. Untuk mendapatkan proposal penawaran, cukup hubungi kami. Kami kemudian akan memberi anda panduan yang jelas terhadap langkah-demi-langkah dan dokumentasi apa saja yang secara hukum anda perlukan untuk memastikan anda taat hukum.

  • Berapa biaya pengaturan partisipasi lokal anda?

    Di Plato, kami menawarkan layanan pengaturan partisipasi lokal yang mudah. Untuk mendapatkan proposal penawaran, cukup hubungi kami. Kami kemudian akan memberi anda panduan yang jelas terhadap langkah-demi-langkah dan dokumentasi apa saja yang secara hukum anda perlukan untuk memastikan anda taat hukum.

  • Bagaimana investor asing dapat berinvestasi melalui partisipasi lokal di Indonesia?

    • Pemegang saham lokal

      Dalam hal ini, investor asing memegang kendali dan memiliki kewenagan sebanyak mungkin (sebanding dengan pemegang saham yang terdaftar).


    • Direktur lokal

      Dalam hal ini, investor asing memegang kendali sebanyak mungkin.


    • Komisaris lokal

      Dalam hal ini, investor asing memegang kendali sebanyak mungkin.

  • Apakah harga Plato benar-benar tetap?

    Ya, semua harga Plato tetap (tanpa biaya atau beban tersembunyi). Anda akan selalu tahu apa yang anda bayar.

  • Seberapa cepat waktu penyelesaian pekerjaan terjemahan Plato?

    Plato menawarkan jasa terjemahan ekspres (kilat) dan regular (biasa). Pilihan waktu tergantung pada kebutuhan pribadi anda. Cukup hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran gratis dan kami akan memberi anda panduan yang jelas terhadap proses langkah-demi-langkahnya.

  • Mengapa Plato melakukan pembayaran di muka?

    Kami akan menahan pembayaran anda di rekening bersama (Rekber) atau escrow sampai pekerjaan selesai dan anda benar-benar puas. Semua layanan Plato didukung oleh jaminan kepuasan kami.